Sabtu, 04 Agustus 2012

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Investasi

  1. Mengenali diri sendiri 
Berapa banyak uang yang akan anda perlukan di masa depan? (perencanaan masa depan).

Jika anda tidak tahu tujuan financial anda sendiri, anda akan terus merasa kekurangan karena anda tidak tahu seberapa banyak yang sebenarnya menurut anda cukup.Jadi, pertama-tama anda perlu menentukan berapa banyak yang anda butuhkan untuk membayar semua pengeluaran dalam hidup anda, dan untuk dapat pensiun dalam keadaan yang relatif layak dan nyaman. 
Seberapa besar tingkat risiko yang dapat anda terima? 
Setiap reksa dana memiliki tingkat risiko yang berbeda yang telah dijelaskan pada topik sebelumnya.Tapi saat anda melihat risiko, mungkin anda merasa anda adalah seorang yang konservatif yang hanya bisa menerima risiko yang kecil. Sebenarnya anda mungkin bisa saja menerima risiko yang lebih besar dari yang anda kira, hanya saja anda perlu mengetahui bahaya yang menyertai risiko tersebut dan mempelajari strategi untuk melindungi diri. 
Berapa lama anda mau menunggu sebelum anda dapat mengambil profit? (jangka waktu)

Seperti telah dibahas pada topik sebelumnya mengenai jangka waktu anda dalam berinvestasi, disini terdapat aturan bahwa semakin lama jangka waktu investasi anda, maka semakin besar pula peluang investasi anda untuk menghasilkan profit. Jika dipaksa untuk memperoleh dalam waktu singkat, maka kemungkinan besar anda akan gagal. Hal ini dikarenakan pasar tidak dapat diprediksikan. 
  1. Mengenali komitmen anda
Penganggaran keuangan.

Membuat anggaran keuangan adalah cara yang paling realistik untuk memastikan bahwa pengeluaran uang tersebut telah sesuai seperti yang direncanakan. 
Konsisten dan konsekuen

Dalam penganggaran keuangan bagian yang tersulit adalah konsisten dalam penerapannya. Jangan pernah mencari masalah dengan berpikir bahwa pengeluaran bulan ini akan dapat ditutupi dengan mengurangi pengeluaran bulan depan. Karena pada kenyataannya jarang sekali kita dapat melakukan hal itu. 
Lalu bagaimana agar kita konsisten? Cara paling efisien adalah dengan menetapkan tujuan yang dapat memotivasi agar kita konsisten sehingga tujuan bisa tercapai. 
  1. Menetapkan Tujuan 
Setiap perjalanan punya tujuan dan mungkin ada lebih dari satu tujuan ingin anda capai. Tetapi karena berbagai kendala beberapa tujuan harus dipilih untuk diutamakan.
Setelah memilih tujuan mana dulu yang ingin dicapai, maka anda perlu memperhitungkan jumlah uang untuk mencapai tujuan tersebut, sehingga anda tahu berapa banyak uang yang anda butuhkan. 
  1. Disiplin
Disiplin bukan hal yang mudah dilakukan, tetapi coba anda pikir banyak orang yang disiplin terkadang karena satu dan lain hal tidak dapat memenuhi tujuannya, dan akan lebih banyak orang yang tidak disiplin yang tidak dapat memenuhi tujuannya.